Manfaat Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin yang aman, handal dan murah. Bagi individu sadar kesehatan, asupan rutin dari jumlah yang ditentukan vitamin B12 merupakan elemen kunci untuk melestarikan keseimbangan dalam tubuh manusia. B12 dapat diperoleh dari sumber makanan atau bisa diambil dalam bentuk suplemen oral atau melalui suntikan.

Dalam kombinasi dengan vitamin B-kelompok lain, vitamin B12 memastikan kelancaran fungsi dari proses kehidupan yang vital dari tubuh manusia. Hal ini penting untuk menjaga sistem dan DNA saraf produksi yang sehat. Vitamin B12 membantu mengatur pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh. Manfaat lain dari vitamin B12 termasuk perannya dalam menjaga dan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh manusia.

Vitamin B12 sangat bermanfaat dalam berbagai bentuk. Methylcobalamin, bentuk koenzim vitamin B12 adalah versi ramah-tubuh, yang berarti bahwa tidak ada langkah-langkah metabolisme yang diperlukan untuk konsumsi dan dapat digunakan dalam bentuk normal. Ini tersedia sebagai tablet sublingual yang larut di bawah lidah (karena sistem pencernaan dapat memodifikasi molekul ini). Melalui metode ini, vitamin B12 bisa langsung menembus aliran darah dan menghasilkan banyak manfaat. Hydroxocobalamin adalah bentuk lain dari vitamin B12 yang telah diakui sebagai obat yang efektif untuk keracunan sianida.

studi penelitian mengungkapkan, korelasi terbalik antara homosistein (asam amino yang ditemukan dalam tubuh manusia) yang jelas tingkat dan kadar vitamin B12. Menghalangi pembentukan homocysteine ​​menyebabkan disfungsi endotel (penyempitan pembuluh darah) dan merupakan prekursor aterosklerosis; vitamin B12 membantu untuk mengekang aterosklerosis. Suplemen vitamin B12 juga menambah efisiensi kapasitas asam folat untuk menurunkan kadar homocysteine. Para peneliti berpendapat bahwa dalam hubungannya dengan asam folat, dosis yang cukup vitamin B12 membantu untuk melawan penyakit jantung dan trombosis. Sintesis S-adenosylmethionine (SAMe), suatu senyawa yang terlibat dalam fungsi kekebalan tubuh dan suasana hati, tergantung pada asosiasi folat dan vitamin B12.

Studi menunjukkan bahwa penyerapan Vitamin B12 menurun dengan peningkatan usia. Oleh karena itu, peningkatan asupan vitamin B12 sangat berguna untuk orang dewasa di atas lima puluh. Bentuknya dianjurkan asupan dalam bentuk suplemen, karena orang tua menyerap formulir ini lebih baik daripada bentuk-bentuk makanan vitamin B12. Sebuah suplementasi bantu vitamin B12 dalam fungsi kognitif dan menyembuhkan gangguan neurologis dalam kelompok ini.

Dalam kebanyakan kasus, vitamin B12 harus diambil dalam hubungannya dengan suplemen asam folat dan vitamin B-Complex. Kabar baiknya adalah bahwa sementara asupan vitamin B12 memfasilitasi fungsi yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari, dosis ekstra tidak menyebabkan kerugian melainkan bisa disimpan untuk digunakan di masa depan.